Streaming Video pada Jaringan dengan Video Lan Client

Januari 24, 2008 pukul 9:27 am | Ditulis dalam Streaming Video | 21 Komentar
Tag: , ,

Apa itu?

vlc-1.jpg

Apakah Anda sudah pernah mencoba utility video player yang satu ini? Perkenalan saya dengan utility ini memang belum terlalu lama, kira-kira 2 tahun yang lalu. Sekilas memang terlihat seperti video player pada umumnya. Tetapi ketika kita pergi ke situs nya yaitu http://www.videolan.org , saya baru tahu bahwa video player yang satu ini merupakan video player yang amat sangat powerful. Kenapa begitu? Karena ternyata utility dengan ukuran hanya 10MByte ini dapat melakukan proses audio/video streaming ke jaringan kita, baik melalui paket unicast maupun paket multicast.

Dan asiknya lagi, GRATIS !!! Ini yang paling penting. Artinya kita bisa melakukan demo dengan produk ini tanpa takut khawatir bermasalah dengan Hak Cipta J ( Awas, film yg diputar bisa jadi bermasalah dengan Hak Cipta hehehe J )

Pada saat itu saya tengah melakukan proses ‘proof of concept’ untuk salah satu customer saya yang berencana menggunakan multicast pada jaringan, sehingga langsung merasa, inilah salah satu utility yang cocok untuk uji cobanya.

Selain itu, berbagai format audio/video file juga bisa langsung dimainkan, seperti avi, wmv, mp4, avi divx, mov, bahkan langsung dvd. Dan yang menarik, seluruh file yang bisa dimainkan akan bisa di-‘lempar’ ke jaringan, dan bagi para peminat audio/video di jaringan juga bisa ikut bersama-sama mendengar/melihat file yang diputar. Oleh karena itu, sering kali di waktu senggang, utility ini kita pakai untuk memutar film dan ditonton bersama di satu jaringan J

Tulisan singkat kali ini lebih menitikberatkan kepada fungsi pemakaian VLC pada streaming video, dan tidak mengupas detail tentang kemampuan dari segi penampilan, seperti skin dan video adjustment. Bila ingin melihat lebih detail tentang hal tersebut dapat langsung saja ke web site ybs.

Cara memutar film lewat jaringan

Misalnya kita ingin memutar sebuah film berjudul DieHard.Avi ke jaringan, maka langkahnya adalah File>Open>Browse…

vlc-2.jpg

Untuk bisa meng-stream ke jaringan, jangan lupa klik “Stream/Save” di bagian Advanced options, untuk menampilkan tampilan berikut :

vlc-3.jpg

Kalau yang akan diputar adalah bukan film AVI, tapi dari DVD atau VCD, juga bisa dilakukan dengan File>Open Disc (silakan dicoba sendiri yah, mudah kok!)

Click di bagian RTP, dan isi address nya dengan ip address multicast, apabila memang diinginkan video ini ditonton oleh banyak orang sekaligus, atau isilah dengan ip address computer tertentu saja, apabila memang video ini hanya ditujukan ke ip tertentu saja. Pada contoh ini, sengaja dicontohkan menggunakan ip address multicast 239.0.0.1 dengan port 1234. Port bisa diisi bebas, selama angkanya sama dengan yang diisi oleh penonton.

IP address berapa yang diijinkan ? Untuk IP Multicast, kita bisa mengisi alamat mulai dari 224.0.0.0 – 239.255.255.255. Pastikan bahwa penonton nantinya harus menginput alamat yang sama. Namun, disarankan untuk menggunakan ip address di luar 224.x.x.x, karena sepengetahuan penulis, ip multicast 224.x.x.x banyak yang sudah ‘reserved’ untuk protocol-protocol khusus seperti OSPF, EIGRP, IGMP dsb.

Jika kita sebagai pengirim video juga ingin ‘menonton’ video pada layar kita sendiri (contoh, bila ingin control terhadap video yang dimainkan), harus juga meng click “Play locally” !

Satu field yang tidak kalah pentingnya adalah field “Time-To-Live(TTL)”. Secara default, nilai dari TTL nya adalah 1(satu). Hal ini tidak akan menjadi masalah apabila kita tidak melakukan streaming video melewati banyak router. Tapi apabila kita memiliki beberapa router, maka harus memberi angka yang lebih dari 1, sesuai dengan jumlah router yang akan ditempuh oleh paket multicast ini. Juga harus diketahui, bahwa tidak semua router ( bahkan rata-rata semua router ), tidak akan meneruskan paket multicast. Agar paket multicast bisa diteruskan, router yang terdekat dengan multicast sender harus menjalankan routing protocol yang mendukung multicast, seperti PIM-SM,PIM-Dense dan DVMRP. Menurut pengalaman penulis, agar sebuah router bisa melakukan fungsi-fungsi multicast routing, harus membeli tambahan software, atau meng-unlock feature firmware, tergantung dari jenis router yang dimiliki. Apabila jaringan Anda terbagi-bagi menjadi VLAN (lebih lanjut tentang VLAN di bagian berbeda), Anda juga hanya bisa mengirimkan video multicast ini ke rekan yang satu VLAN dengan Anda. Jika ingin diterima oleh rekan di luar VLAN, maka lagi-lagi juga dibutuhkan multicast routing pada gateway dari VLAN.

Saat ini, Anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan streaming video multicast pada network Anda. Parameter yang lain sementara belum dibahas dulu J

PERHATIAN !! Apabila Anda mengirimkan multicast video ke wireless, hal ini akan mengakibatkan network wireless Anda menjadi cukup congested, karena sifat wireless yang memiliki bandwidth di-share oleh semua wireless adapter.

Cara menonton film di jaringan

Caranya sangat mudah, yaitu File>Open Network Stream …

vlc-4.jpg

Dan tinggal isi saja alamat ip address multicast serta port nya. Sangat mudah, bukan ?? Untuk full screen, bisa right-click di layar video, atau tekan tombol “F”. Masih banyak fungsi lain yang bisa di-explore oleh pengguna, jadi silakan dicoba sendiri.

Sekilas Troubleshooting

Penulis merasakan satu fitur yang sangat bermanfaat, yang ada di View>Messages (atau Ctrl+M). Dari layar ini, pada sisi pengirim video, kita bisa mengecek apakah video sukses terkirim. Sementara pada sisi penonton, dapat dilihat apakah ada paket masuk atau tidak ke dalam VLC. Tools lain, di View>Stream and Media Info, untuk melihat status dari file yang sedang dikirim atau diterima, seperti statistic bandwidth file yang dikirim.

Multiple video streaming dari satu VLC

Ini dia satu fitur menarik yang penulis anggap harus dibahas. Dari fitur ini, penulis pernah mengstream sekitar 20 film AVI DIVX dengan mulus menggunakan computer yang memadai. Mudah sekali caranya, yaitu dengan View>VLM Control

vlc-5.jpg

Untuk membuat satu video stream, kita mengetik sebuah nama di kolom Name, misalnya ‘video1’, setelah itu kita click ‘Choose’ pada baris Input. Di sini kita akan mendapatkan layar yang mirip dengan yang sudah dibahas. Setelah memilih file yang sesuai, klik OK, dan kembali ke layar VLM Control. Kemudian, kita click ‘Choose’ pada baris Output. Isilah parameter yang diperlukan, click OK dan kembali ke layar VLM Control. Untuk meng’enable’, klik ‘Enabled’ dan ‘Loop’ jika ingin diputar terus menerus. Terakhir, klik tombol Create. Maka akan tercipta satu video stream yang siap.

Untuk membuat stream yang lain, tinggal ulangi saja cara di atas. Tentunya, jangan sampai menggunakan ip multicast address yang sama dengan video stream pertama J

Setelah puas menyusun semua video yang akan distream, kita bisa save, dan akan tercipta sebuah file text, yang bisa diedit dengan notepad !!

Ini adalah contoh file text yang tercipta dari proses tersebut.

new DieHard broadcast enabled loopsetup DieHard input “C:\movie\DieHard.avi”
setup DieHard output #duplicate{dst=std{access=rtp,mux=ts,dst=224.10.10.2:1234, sap,group=Movie,name=Die Hard 4}}
new Fantastic4 broadcast enabled loopsetup Fantastic4 input “C:\movie\Fantastic4.avi”setup Fantastic4 output #duplicate{dst=std{access=rtp,mux=ts,dst=224.10.10.3:1234, sap,group=Movie,name=Fantastic Four 2}}
new HarryPotter5#1 broadcast enabled loopsetup HarryPotter5#1 input “C:\movie\CD1\20th-hp5-a.avi”setup HarryPotter5#1 output #duplicate{dst=std{access=rtp,mux=ts,dst=224.10.10.4:1234, sap,group=Movie,name=Harry Potter1}}

Fitur menarik lain yang belum dibahas

Banyak sekali fitur yang belum dibahas di sini, dan bisa didapatkan langsung di website, atau forum-forum yang sesuai. Namun, dengan sedikit informasi yang ditulis di sini, penulis yakin bisa membantu Anda melakukan video streaming.

21 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Yth. Mz Teguh Agung. Saya mw tny nih,

    pake VLC versi apa mz?

    aq coba untuk multiple video pke VLC 0.8.6c kok nda bisa y…

    ga’ muncul playlist video yang dimainkan.

    terimakasih

  2. maaf mungkin agak nyimpang, pernah ngak mencoba streaming web

  3. Salam Mas Teguh,,,
    saya senang sekali baca tutorial tentang VLC ini. saya sudah mencoba sepeti apa yang Mas Teguh tulis,, tapi ada banyak permasalahan yang saya temui.
    1. bagaimana mengetahui klw Ip dari suatu jaringan itu support untuk mulitcast?? bagaimana cara pengaturan ip multicast tersebut??

    terima kasih sebelumnya atas ilmunya.
    bisa saya minta alamat e-mail Mas Teguh??
    alamat e-mail saya pic_pacyo67@yahoo.com
    salam

  4. Salam kenal Mas Teguh

    Saya mau tanya nih, Mas. Saya kan sudah install vlc-0.8.6c, namun kenapa ya..saat mau streaming sebuah file video (alamat sender : 10.14.5.10 dan client : 10.14.5.133), di Messages-nya keluar pesan error seperti berikut :

    main error: cannot add this stream
    main error: cannot create packetizer output (wma2)
    access_output_udp warning: putting two PCRs at once

    Mohon solusinya…
    Trima kasih banyak

  5. Halo Pak gus67,
    untuk jaringan multicast, secara umum LAN yang ada di sekitar kita sudah support multicast. Pengaturan ip multicast adalah mulai dari ip 224-239.x.x.x ke atas. Hanya saja di 224.0.0.x ada beberapa ip multicast yang reserved utk keperluan jaringan seperti IGMP dan OSPF.
    Maaf agak lama menjawab sebab saya jarang meng-cek email di yahoo utk account wordpress ini🙂
    Thanks,
    teguh

  6. Hallo Youyoung,

    Saya pakai versi yang 0.8.6f, tapi saya juga pernah pakai kok yang 0.8.6c. Playlist yang tidak keluar itu sepertinya bug yah… kalau window nya kita besarkan dikit kalau tidak salah playlist langsung keluar ??

    thanks,

    teguh

  7. Mas Syafaat,

    Saya pernah coba streaming ke internet, tapi tidak pakai VLC. Waktu itu saya memakai Windows media versi yang lama. VLC kayaknya lebih cocok untuk high bandwidth(pendapat saya aja sih.)

    thanks,

    teguh

  8. kang punya artikel video dalam jarina LAN?

    • artikel jenis apa Pak ? Bukankah di artikel ini bisa diimplementasikan untuk jaringan LAN ?
      thanks

  9. maap sblmnya,mgkn aq ga paham mslh ini banget, cm mo tny, aq krj d warnet, ni ad tv berlangganan ky indovision gt, kita streamingnya pke VLC LAN versi 0.9.9, udah bisa streaming & lancar ditonton, ke user juga!
    cm mslhnya aq pgn tau cara gmn ngerekam video dr streaming itu mas!
    mohon penjelasannya..thx

    • Halo…. Sebetulnya fitur recording sudah ada di VLC. Pada VLC 0.9.9 misalnya, cara meng-record adalah dengan mengklik “File” di Media > Advanced Open File > Tombol Stream dan pada stream Output ada fields “File”, bisa diisi dengan nama file sembarang. Setelah itu di – play….. semua yang muncul akan ter-rekam…
      Apabila yg diinginkan adalah merekam di tengah-tengah (bukan dari awal video), memang rasanya belum bisa pakai VLC🙂

  10. mas, mw tanya dong switch/router yang support multicast itu apa aja?

    • Salam kenal, biasanya switch yang managable sudah support. Mungkin bisa dicek di datasheet nya, apakah mendukung igmp, baik v1,v2 atau v3 dan igmp query.

  11. Gan,,, multicast kalo pkek ip C bisa gk??

    • Ngga bisa pak… Kalau bapa isi dengan class C, maka otomatis itu akan menjadi unicast, hanya ke ip tersebut. Semua peralatan jaringan spt switch, memang sudah diprogram utk mengenal address multicast.

  12. mataf pak,
    saya juga pernah coba VLC.
    pernah coba stream lewat wireless, agak terbatas rupanya.

    • stream wireless dengan multicast atau unicast? kalau dengan unicast, mestinya tetap maksimal sesuai bandwidth yang tersedia utk wireless tersebut. tapi utk multicast, perlakuannya agak beda, karena tidak semua produk wireless melewatkan multicast Dan kalaupun lewat, bandwidth yang dipakai adalah bandwidth terendah yang diadvertise oleh si wireless ap.

  13. Terima kasih atas pencerahannya, rencananya saya mau ambil topik ini pengajuan proposal KP, setidaknya postingan ini membantu saya untuk mendapat pencerahan meski agak sedikit ngambang.🙂

    • Thanks… saya sangat senang bisa membantu🙂

  14. kenalin mas, nama saya lukman..
    bisa gk mas, klo saya mau mencoba streaming video di jaringan, dengan OS linux-ubuntu sebagai server, serta 2 buah laptop dengan OS windows?

    trus waktu nyoba streaming dari server ke client, itu uda bisa jalan, tapi dari client tidak bisa akses ke server mas..
    ada tulisan : unable to open

    thanks mas..

  15. halo mas…
    saya mw tanya caranya membuat streaming video dengan vls tp dengan protokol udp yang unicast…kalau ada tutorialnya saya minta…email saya patrickstarfish14@gmail.com
    thanks…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: