Menjelajah Internet secara Anonim dengan TOR (The Onion Router)

Februari 10, 2010 pukul 3:45 pm | Ditulis dalam Tutorial Jaringan | 8 Komentar
Tag: , , ,

Pada saat saya mencoba mencari informasi bagaimana mem-bypass internet blocking, saya mendapatkan informasi tentang project TOR ( The Onion Router), yang secara detail bisa dilihat di www.torproject.org.

Sekilas kalimat dari website TOR :

Tor is free software and an open network that helps you defend against a form of network surveillance that threatens personal freedom and privacy, confidential business activities and relationships, and state security known as traffic analysis.

Tor protects you by bouncing your communications around a distributed network of relays run by volunteers all around the world: it prevents somebody watching your Internet connection from learning what sites you visit, and it prevents the sites you visit from learning your physical location. Tor works with many of your existing applications, including web browsers, instant messaging clients, remote login, and other applications based on the TCP protocol.

Saya cukup terkejut karena ternyata konsep Onion Router sudah ada sejak tahun 2002, dan akhirnya pada Januari 2010, ada Stable Release untuk software TOR tersebut.

Cara kerja dari TOR, tentunya dapat dilihat langsung pada website tersebut, namun secara singkat, TOR juga bisa dimanfaatkan untuk browsing secara anonym. Ketika kita menginstall software TOR (saya mengdownload versi yang built-int dengan firefox protable), otomatis di computer kita akan terinstall proxy server dan SOCKS server. Namun, proxy server tersebut terhubung ke Internet, dan berkomunikasi dengan banyak proxy server lain ( ada 18.000 lebih ), yang disebut dengan onion router. Semua permintaan dari browser kita, akan masuk ke dalam proxy server yang ada di computer kita, kemudian di-encrypt ke Onion Router lain, dan pada akhirnya akan ‘dikeluarkan’ dari onion router lain ke website sebenarnya.

Gambar berikut diambil dari website www.torproject.org :

Jadi, IP address kita bisa saja berubah secara dinamis ( 18.000 IP Address lebih ), dan tentu saja original IP address kita tidak akan pernah bisa terlacak karena terenkripsi dan di-masking oleh Onion Router lain yang kita juga tidak tahu.

Selain anonym, TOR juga bisa digunakan untuk membypass blocking Internet seperti yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya, karena pada dasarnya computer kita tidak mengeluarkan request HTTP sama sekali, melainkan mengeluarkan request melalui proxy server yang ada di dalam computer kita.

Cara install nya sangat mudah… karena tidak perlu di-install !!

Setelah di download, tinggal diextract, dan jalankan software Start Tor Browser.exe, maka akan muncul :

Pada saat yang sama, software akan menyalakan Firefox Portable, yang sudah memiliki plug-ins untuk TOR ( Perhatikan ada tulisan TOR enabled di kanan bawah ):

Setelah itu.. kita tinggal bebas mengetikkan apapun di URL Firefox tersebut, dan kita akan browsing secara anonym. Sebagai contoh, saya masuk ke www.ipgue.com :

Namun berhati-hatilah, karena anonym di sini adalah IP address Anda yang berubah. Apabila website yang dikunjungi memiliki ActiveX/JavaScript, maka website tersebut juga memiliki kemampuan untuk mengambil informasi langsung dari computer Anda, yang ‘mungkin’ bisa membongkar anonimitas Anda.

Masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan dengan TOR, seperti membuka layanan web rahasia sehingga tidak terlacak IP address asli nya. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan langsung download dan coba..

8 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. dikantor saya.. jaringan internet hanya beberapa komputer saja, kallo mo konek internet harus minta dl ma administratornya.. baru bisa ..apa dengan software ini bisa digunakan untuk megnatasi masalah ini?,degnan kata lain seperti bypass…jadi kita ga perlu minta ijin untuk mengkoneksikan komputer kita ke jaringan internet…terimakasih infonya

    • Halo Pak Yanuar, salam kenal🙂
      Sayangnya tidak bisa, Pak… karena administrator Bapak menentukan boleh tidaknya Bapak terhubung ke Internet. Sedangkan software TOR, pada dasarnya adalah membutuhkan koneksi ke internet. TOR di sini bisa dipakai, misalkan… kantor bpk memblok website2 tertentu, dg TOR, ini bisa di bypass.
      Thanks

  2. terima kasih infonya.. tetap berkreasi🙂

  3. Keren ni artikel..🙂

    • Thanks… sebetulnya saya hanya baca sekilas dari web luar kemudian diuji coba sendiri🙂

  4. salam kenal gan….
    law di ubuntu masangnya gimana ?

    • Maaf saya belum pernah nyoba utk TOR di Ubuntu

  5. kalo anonimitas nya dah ke blokir gmn bang caranya biar g k blokir lagi??
    apa d uninstal?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: