Visio 2003 dengan Wine 1.2 di Ubuntu 10.04 pada VirtualBox 3.2.6 Sukses !

Agustus 2, 2010 pukul 11:55 am | Ditulis dalam Ubuntu | 1 Komentar
Tag: , , , ,

Berhubung saya masih penasaran dengan kemampuan emulasi dari software Windows pada Linux, saya kembali mencoba untuk menginstall aplikasi yang saya sering gunakan sehari-hari, yaitu Visio 2003 Professional.
(Saat ini saya masih menggunakan Virtual Box 3.2.6 dengan Ubuntu 10.04 dengan Wine 1.1.42)
Tanpa panjang lebar, saya langsung mengambil installer nya, meng-copy nya ke hard disk dan menjalakan program setup.exe nya (harus dipastikan bahwa setup.exe memiliki executable flag).

Visio Setup

Visio Setup



Proses instalasi berjalan dengan lancar, namun di ujung akhir instalasi ada sedikit error, yaitu berkaitan dengan wscript.exe. Walaupun demikian, Visio tetap bisa dijalankan tanpa ada masalah.

Pada saat saya membuka file atau meng-save file, tiba-tiba Visio mengalami hang, yang membuat saya harus meng-kill process nya secara paksa dari terminal. Saya langsung membuka internet untuk mencari tahu apakah rekan-rekan di Internet banyak mengalami hal serupa, dan ternyata memang benar. Ada beberapa tips yang disarankan, namun yang terlintas di benak saya adalah saya mengupgrade WINE saya dari 1.1.42 ke versi yang terbaru yang berada di http://www.winehq.com.

Langsung mengarah ke website tersebut, dan melakukan proses update sesuai yang disarankan

Setelah proses berjalan lumayan lama ( karena harus meng-download 20+Mbytes), akhirnya proses selesai tanpa masalah, dan saya cek dari Start>Wine>Configure Wine>About, terlihat proses upgrade berhasil menjadi Wine 1.2

Dan syukurlah, ternyata setelah saya upgrade ke Wine 1.2, Visio dapat berjalan dengan cukup lancar. Proses buka file existing tidak ada masalah. Saya belum sempat banyak meng-explore fitur di dalam nya, tapi setidaknya saya bisa meng-view Visio file di Ubuntu tanpa problem.

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. mas step-step upgrade nya gimana mas…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: